Home » » Tanaman Obat Temu Lawak

Tanaman Obat Temu Lawak

Written By Kumpulan Artikel Gratis on Wednesday, February 15, 2012 | 7:14 AM





TANAMAN TEMU LAWAK:
Nama Latin  Curcuma xanthorrhiza. Roxb.    termasuk keluarga dari tumbuhan Zingiberaceae. temu lawak disebut dengan nama temu labak, tommo, korbanga.

SIFAT :  Tumbuhan Temu lawak mengandung bahan kimia,  seperti : minyak atsiri :xanthorizol, germaken, isofuranogermakren, trisiklin, allo aromadendren,fellandren ,ar-turneron, dan turmerol, kurkumin, desmetoksokurkumin, zattepung, kamfer, glikosida, toluyl metil karbinol dan 1-sikloisoprenmyrsen.

EFEK : Di negara cinda dan pengobatan tradisional lainnya disebutkan bahwa tanaman temu lawak mempunyai sifat ; rasa sedikit pahit,anti sembelit, acnevulgaris, anti inflamasi (menghambat pertumbuhan; enzim sikloksidose, menghambat pembengkakan/radang) dan anti-hepatotoksik,laktagoga, kolagoga, tonikum, diuretik, fungstatik dan bakteriostatik,menghambat agregasi trombosit = antiarthritis.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN
Berdasarkan dari pengalaman yang tercatat secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit2 seperti berikut : 
1. Sakit maag. Rimpang dipotong kecil-kecil, direbus, dinginkan, lalau di minum airnya. (disarankan 3 x perhari )
2. Bau haid. Rimpang dipotong kecil-kecil tambah asam jawa, disedu, dinginkan, lalu minum airnya.
3. Sembelit. Rimpang digiling halus bersama biji sesawi, beri air sedikit, peras, lalu minum airnya.
4. Kurang ASI. Rimpang digiling, dimasa dengan sagu hinga menjadi bubur. jadi seperti makan bubur. (Saran 3 x 1 kapsul per hari, sebagai tambahan obat lain )
5. Sakit limpa. Temu lawak 2 rimpang diparut/dihaluskan, lengkuas 1/2 rimpang diparut/dihaluskan, daun meniran 1 genggam, direbus bersama 1 liter air sampai mendidih, disaring, lalu di minum sehari sekali 1 cangkir.
6. Asma. Temu lawak 1,5 rimpang di potong tipis-tipis dan dikeringkan, rebus dengan 5 gelas air dan ditambah gula aren 1 potong menjadi 3 gelas. Saring, minum  1/2 gelas sebanyak 2 kali dalam sehari.  
7. Cacar air. Rimpang  1,5 diiris tipis-tipis dan dikeringkan, rebus dengan 1 liter air dan tambah buah asam satu tangkai. Setelah mendidih dinginkan, saring, lalu minum 1 cangkir sebanyak 2 kali dalam sehari.    
8. Sariawan. Temu lawak  1 rimpang diiris tipis-tipis dan dikeringkan, rebus dengan 2 gelas air dan ditambah buah asam 3 mata dan 1 potong gula aren. Saring, minum sehari 2 kali sehari 1 cangkir.  
9. Bau badan. Rimpang 1 ditumbuk, direbus dengan 1 liter air. Saring, minum 2 kali sehari 1 cangkir. (Saran 3 x 1 kapsul per hari )
10. Hepatitis, penyakit kandung empedu. Rimpang 25 gram diiris-iris, ditambah air 500 ml, direbus sampai tinggal 300 ml; diminum sepanjang hari. (Saran 3 x 2 kapsul per hari ) atau, dua jari rimpang temu lawak, diparut, tambahkan ½ cangkir air masak dan 1 sendok makan madu. Aduk merata lalu diperas dan disaring. Minum sehari 2 kali sampai sembuh.     
11.  Nyeri Sendi dan Tulang (arthritis dan rematik). Tuangkan air mendidih ke dalam cangkir yang berisi 0,5-1 g serbuk temu lawak. Diamkan 5-10 menit kemudian saring dan minum.

PERINGATAN : Dosis berlebihan  atau pemakaian yang berkepanjangan dapat mengakibatkan iritasi membran mukosa lambung. Tidak dapat digunakan dalam cholingitis akut atau icterus. Gangguan saluran empedu, jika menderita gallstones harus dikonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS